PROGRAM KERJA KELOMPOK TANI HULU GAWAN

PROGRAM KERJA KELOMPOK TANI HULU GAWAN
I.  PENDAHULUAN
A Latar Belakang
Kelompok Tani Hulu Gawan adalah  organisasi petani yang bersifat independen, berorientasi pada kegiatan ekonomi, sosial dan budaya, di sektor Agribisnis berbasis di pedesaan, yang berwawasan lingkungan formal, berdaulat dan berskala nasional. Sebagai bagian dari kehidupan berbangsa dan bernegara, Kelompok Tani Hulu Gawan ikut bertanggung jawab dalam upaya untuk menghapuskan keterbelakangan, kemiskinan dan ketidakadilan terhadap kaum tani serta penduduk pedesaan dengan menciptakanan kegiatan- kegiatan konkrit yang dilaksanakan secara terencana, bertahap dan berkesinambungan yang disusun dalam suatu Program Kerja 5 (lima) tahun Kelompok Kelompok Tani Hulu Gawan Nagari Koto Hilalang yang terdiri dari:

1.   Program Kerja Jangka Pendek tahun 2016
2.   Program Kerja Jangka Panjang tahun 2016-2021

Program Kerja Kelompok Tani Hulu Gawan Nagari Koto Hilalang merupakan proses penataan, pemantapan, peningkatan kegiatan yang berlangsung terus menerus dan berkelanjutan, pengembangan program kerja ini merupakan tuntutan dan penyesuaian situasi serta kondisi yang berkembang pada saat ini dan yang akan datang, di bidang pertanian dan peternakan. Kelompok Tani Hulu Gawan Nagari Koto Hilalang berupaya memperkuat dan memantapkan manajemen organisasi dengan membangun basis organisasi yang kuat, kokoh dan berkualitas melalui kegiatan produktif dengan pendekatan sistem pertanian agribisnis dan berwawasan lingkungan.  Kelompok Tani Hulu Gawan merupakan organisasi petani-peternak sebagai penggerak   dan   pembela   dalam   upaya   meningkatkan   pendapatan   dan   kesejahteraan masyarakat tani yang hidup di pedesaan. Program Kerja  Kelompok Tani Hulu Gawan Nagari Koto Hilalang adalah haluan organisasi, tentang upaya yang akan dilaksanakan setiap 5 (lima) tahun.

B.   Kondisi dan Permasalahan


Keberhasilan pembangunan pertanian sangat ditentukan oleh dukungan nyata dari semua pihak pemangku kepentingan, baik pemerintah maupun masyarakat tani selaku pelaku utama maupun pihak lainnya. Tantangan dalam pembangunan pertanian secara umum adalah adanya kenyataan bahwa pertanian didominasi oleh skala usaha kecil, lahan sempit, modal terbatas, SDM rendah, sehingga produktivitas usahatani yang dihasilkan masih rendah karena belum sepenuhnya mampu menerapkan teknologi spesifik lokasi, efisiensi dan belum mampu meningkatkan  produksi  yang  pada  akhirnya  tingkat  pendapatan  masyarakat  tani  masih


rendah. Disamping itu juga masih rendahnya posisi tawar petani terhadap produksi yang dihasilkan. Namun akhir-akhir ini pendapatan usaha tani sering menurun akibat beberapa permasalahan yang mendasar antara lain:

1.   Pengaturan distribusi beberapa jenis pupuk bersubsidi yang belum berjalan dengan baik, sehingga ketersediaan  pupuk ditingkat petani tidak tepat waktu.
2.   Biaya produksi usaha pertanian tinggi, sementara harga jual panen masih rendah sehingga keuntungan yang didapat oleh petani sedikit.
3.   Kondisi  kesuburan  tanah  menurun  akibat  penggunaan  pupuk  kimia  yang  terus menerus.
4.   Banyaknya waktu tidak efektif petani sehingga perlu usaha lain dibidang peternakan

Untuk mengatasi hal tersebut di atas, Kelompok Tani Hulu Gawan Nagari Koto Hilalang berperan dalam peningkatan pengetahuan dan keterampilan petani, memfasilitasi atau menjadi bagian dalam distribusi pupuk bersubsidi sehingga penyalurannya dapat berjalan dengan lancar dan dengan harga yang terjangkau oleh petani, mencari jaringan bisnis atau peluang pasar untuk setiap produk yang dihasilkan petani serta mendorong sikap petani/peternak agar lebih responsif terhadap berbagai akibat yang mungkin ditimbulkan oleh penggunaan pupuk an- organik dan pestisida sehinggga akan merugikan terhadap manusia dan lingkungan secara luas. Selanjutnya Kelompok Tani Hulu Gawan harus memberikan dorongan agar petani/kelompok tani mempunyai kesempatan berusaha yang terbuka dan termotivasi untuk selalu berupaya lebih meningkatkan usahanya. Dalam era pembangunan yang semakin kompleks dan kompetitif, dimana petani/peternak dihadapkan pada tantangan yang semakin besar dalam keterkaitan usahatani- peternak dengan berbagai aspek lingkungan yang bisa mempengaruhinya, serta persaingan dalam pemanfaatan dan penggunaan sumberdaya yang tersedia, kelompok Kelompok Tani Hulu Gawan Nagari Koto Hilalang semakin dituntut untuk lebih berperan dalam peningkatan sumberdaya manusia petani/peternak menjadi warga negara yang potensinya dapat dikembangkan menjadi sumberdaya manusia yang mandiri dan berperan dalam pembangunan nasional.

Untuk meningkatkan peranan pertani/peternak dalam pembangunan pertanian, khususnya dalam memecahkan berbagai masalah pembangunan pertanian di wilayahnya, dan menyampaikan aspirasi kepada pemerintah, maka hal ini menjadi tugas Kelompok Tani Hulu Gawan agar hal tersebut dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Kelompok Tani Hulu Gawan Nagari Koto Hilalang selama ini turut berperan dalam setiap kegiatan pembangunan pertanian ditingkatannya masing-masing. Dalam hal Pengembangan kelembagaan petani-peternak, tujuan yang hendak dicapai adalah semakin berkembangnya kemandirian kelompok sehingga mampu melaksanakan fungsi dan peranannya, sehingga selama  ini  posisi  petani-peternak  dalam  kegiatan  pembangunan  pertanian  adalah  sebagai obyek kegiatan, akan berubah menjadi subyek dari kegiatan pembangunan bidang pertanian, sehingga mampu mengambil keputusan sendiri serta secara swadaya mampu memperbaiki/meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat lingkungannya.


C.   Sasaran dan Tujuan

Kelompok Tani Hulu Gawan Nagari Koto Hilalang setiap 5 (lima) tahun kepengurusan membuat program kerja dengan tujuan dan sasaran antara lain:

1.  Memacu produktifitas petani-peternak sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan hidupnya.
2.   Meningkatkan  sumber  daya  petani  sehingga  tangguh  menghadapi  serangan  pasar global
3. Konsolidasi organisasi di semua tingkatan, sehingga integritas kelompok KelompoK Tani Hulu Gawan menjadi kuat dan mampu menjalankan peran dan fungsi secara efektif serta dapat memberikan pembelaan terhadap kepentingan petani.
4.  Terbangunnya Kelompok Tani Hulu Gawan sebagai organisasi yang kuat dan solid sehingga mampu mewujudkan cita-cita sebagai petani agribisnis modern, tangguh dan berkualitas.
5.   Terciptanya  peluang  kemitraan  usaha  dan kesempatan  usaha  tani  yang  luas  serta menguntungkan bagi petani dan penduduk pedesaan.
6.   Memberikan   masukan   kepada   Pemerintah   agar   setiap   kebijakan   di   bidang pembangunan pertanian selalu berpihak kepada petani.

D.  Dasar dan Landasan Hukum

Dasar hukum adalah Pancasila dan UUD 1945, landasan operasionalnya adalah:

1.   Program Kerja Kelompok KELOMPOK TANI HULU GAWAN Nagari Koto Hilalangtahun 2016-2021

2.   Hasil Rembug Paripurna Kelompok Tani Hulu Gawan Nagari Koto Hilalangtahun 2015

3.   SK Kelompok Tani Hulu Gawan Nagari Koto Hilalang No 11/ WN-2015 Tahun 2015 tentang  susunan  pengurus  Dan  Keanggotaan  KELOMPOK TANI HULU GAWAN Nagari Koto HilalangPeriode 2016-2021
II. PROGRAM KERJA

A PROGRAM KERJA JANGKA PENDEK

1.     Pengukuhan  Kelompok Tani Hulu Gawan  Nagari Koto Hilalang  oleh  Wali  
Nagari Koto Hilalang
2.   Konsolidasi organisasi : Tahapan kerja :
a.   Konsolidasi  organisasi  merupakan  amanat  peraturan  organisasi  sesuai  yang tertuang dalam AD / ART KELOMPOK TANI HULU GAWAN yang harus dilaksanakan sebagai penguat integritas organisasi KELOMPOK TANI HULU GAWAN baik internal maupun eksternal.
b.   Pemberdayaan kelembagaan ekonomi petani dan peningkatan SDM.

c.   Meningkatkan  peranan  Gapoktan  ,  Poktan,  Wanita  Tani,  dan  Taruna  Tani sehingga  KELOMPOK TANI HULU GAWAN  Nagari Koto Hilalang menjadi  sosok  organisasi  yang  kuat  dan mampu mengkoordinir aspirasi kepentingan petani.
d.   Eksternal   KELOMPOK TANI HULU GAWAN   Nagari Koto Hilalang   mampu   menjalin   hubungan   dengan pemerintah dan BUMN.
3.   Mensosialisasikan keberadaan KELOMPOK TANI HULU GAWAN Nagari Koto Hilalang

Tahapan kerja :

a.   KELOMPOK TANI HULU GAWAN mengikuti pertemuan kelompok tani./ Gapoktan

b.   Mengikuti pertemuan KELOMPOK TANI HULU GAWAN tingkat Nasional dan Propinsi.

c.   Memberikan saran dan memfasilitasi untuk kemajuan di sektor pertanian.

4.   Menghimpun dana dari anggota dan sumber lainnya yang tidak mengikat.

Tahapan kerja :

Menghimpun, membukukan dan mempertanggung jawabkan keuangan.

5.   Menjalankan solidaritas sosial baik dalam organisasi maupun luar organisasi

Tahapan kerja :

Menjalin  silaturrahmi  dan  kebersamaan  antar  pengurus  dan  anggota  serta masyarakat tani.
6.   Menjalankan operasional kantor Sekretariat KELOMPOK TANI HULU GAWAN

7.   Menyusun pertemuan periodik dan berkala Pengurus KELOMPOK TANI HULU GAWAN dengan anggota.

Tahapan kerja :

a.   Menjadwalkan pertemuan dan agenda pertemuan periodik pengurus dan anggota

KELOMPOK TANI HULU GAWAN Nagari Koto Hilalang.

b.   Melaksanakan rembug tahunan KELOMPOK TANI HULU GAWAN Nagari Koto Hilalang.











B.   PROGRAM KERJA JANGKA MENENGAH

Program kerja jangka menengah KELOMPOK TANI HULU GAWAN Nagari Koto Hilalangyaitu :

1.   Menyebar luaskan informasi pertanian dan lainnya ke anggota

2.   Mendorong dan membantu anggota agar menjadi petani mandiri dan tangguh.

3.   Melaksanakan seminar, temu tugas, temu wicara, workshop dan lain-lain.




C PROGRAM KERJA JANGKA PANJANG


Program kerja jangka panjang KELOMPOK TANI HULU GAWAN Nagari Koto Hilalangyaitu :


1.   Menjadikan  KELOMPOK TANI HULU GAWAN  menjadi  organisasi  yang  bergerak  dibidang  pendidikan  non formal.
2.   Menyiapkan pemilihan pengurus KELOMPOK TANI HULU GAWAN periode 20
18-2023

3.   Mewujudkan petani Nagari Koto Hilalangyang sejahtera.


Komentar

  1. Assalamualaikum, Nama saya Siska wibobo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di internet , Sampai saya juga sudah di tipu di salah satu KSP on'line, tapi saya tidak pernah putus asa saya terus buka info di gogle dan saya melihat posting Bapak Suryanto tentang kisah cerita beliau dapat pinjaman di bank BI pusat jakarta tanpa di persulit beliau hanya melampirkan KK,KTP,AKTE lahir dan Jaminan Sertifikat RUMAH,dan saya
    Juga pun memberanikan diri menghubungi nomor WA yang diterapkan dalam postingan bapak suryanto yaitu nomor WA bpk arif kepala bagian transfer Bank Indonesia pusat WA beliau di 085321740123

    Dan beliau menjelaskan tabel pinjaman 25 juta sampai 500 juta dan waktu pinjaman hanya sampai 2 tahun itupun tidak di bayar perbulan penyampainan beliau , dana itu harus langsung di kembalikan pokok dan bunga uang'nya selama 2 tahun jadi kalau 200 juta nanti 2 tahun kemudian baru di kembalikan pokok dan bunga total 204.000.0000

    Penyampaian beliau ini program dana pinjaman covid 19 dari seluruh dunia

    Alhamdulillah setelah saya laporan semua berkas yang di butuhkan oleh bapak hj arif kurniawan, 5 jam kemudian saya dapat pesang singkat/sms bengking saldo saya bertambah 200 juta dari Bank indonesia alhamdulillah saya sangat bersyukur telah mendapat'kan bantuan pinjaman dana dari Bank Indonesia pusat sekali lagi terima kasih kepada bapak hj arif kurniawan yang telah membantu saya semoga bapak arif di beri umur panjang dan sukses selalu.amin


    > pinjaman 25 juta sampai 100 juta
    Bunga 1 juta pertahun

    Pinjaman 100 sampai 200 juta
    Bunga 2 juta pertahun

    Pinjaman 200 sampai 300 juta
    Bunga 3 juta pertahun

    Pinjaman 300 sampai 400 juta
    Bunga 4 juta pertahun

    Pinjaman 400 juta sampai 500 juta
    Bunga 5 juta pertahun

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh proposal UPPO kelompok tani Hulu Gawan Koto Hilalang